Konsumen China Melemah 2018 Karena Pendapatan Melambat Dan Biaya Hidup Naik

Konsumen China Melemah Karena Pendapatan Melambat Dan Biaya Hidup NaikPertumbuhan income di China melambat dari tahun lalu sementara biaya hidup naik, menyoroti meningkatnya kekhawatiran yang dihadapi rumah tangga China saat ekonomi mendingin.

Beijing mengandalkan basis konsumen yang besar di negara itu untuk meredam pelambatan yang lebih luas tetapi seiring dengan meningkatnya prospek, semakin banyak orang China yang memperketat ikat pinggang mereka, membeli lebih sedikit mobil, elektronik dan peralatan rumah tangga semakin tidak maksimalnya kebijakan Beijing ini.

Pendapatan sekali pakai per kapita naik 6.5 persen tahun lalu menjadi 28.228 yuan ($ 4,224), melambat secara signifikan dari laju 7.3 persen untuk 2017, menurut data yang diterbitkan oleh Biro Statistik Nasional pada hari Kamis.

Rumah tangga perkotaan melihat pertumbuhan pendapatan mereka turun menjadi 5.6 persen dari 6.5 persen setahun sebelumnya.

Pada saat yang sama, konsumsi per kapita naik 6.2 persen menjadi 19,853 yuan, dengan lompatan sebagian besar berasal dari biaya perawatan kesehatan dan hidup yang lebih tinggi sementara bagian pengeluaran untuk makanan dan pakaian menurun. Itu dibandingkan dengan kenaikan 5.4 persen pada 2017.

Biaya perawatan kesehatan menyumbang 8.5 persen dari total pengeluaran tahun lalu, naik dari 7.9 persen untuk 2017, sementara biaya hidup mengambil 23.4 persen.

Meskipun pertumbuhan pendapatan lebih lambat, biro statistik mengatakan angka itu masih melampaui pertumbuhan ekonomi per kapita dan China berada di jalur untuk mencapai tujuan kembar yaitu menggandakan produk domestik bruto (PDB) pada tahun 2020 dari 2010 dan menjadi masyarakat yang cukup makmur.

PDB per kapita tumbuh 6.1 persen tahun lalu menjadi 64,644 yuan ($ 9,675.51).

Dengan ukuran itu, China berada pada level yang sama dengan banyak pasar negara berkembang, meskipun saat ini tercatat sebagai ekonomi terbesar kedua di dunia berdasarkan PDB setelah Amerika Serikat.

Mengingat ukuran populasi yang sangat besar yakni sebesar 1.4 miliar orang, hal ini menjadi daya tarik bagi banyak produsen merek asing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp us